WARTA 24 SUMATERA UTARA

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Rekrutmen Panwascam Langsa Dipertanyakan, Ini Kata Ketua ...

Posted by On 14.03

Rekrutmen Panwascam Langsa Dipertanyakan, Ini Kata Ketua ...

Panwaslu Kota Langsa
Panwaslu Kota Langsa

AtjehUpdate.com,- LANGSA, Pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Seuramoe Institute, Nazaruddin, mendesak agar pihak Panwaslu Kota Langsa membuka ke publik nilai hasil ujian tulis calon anggota Panwascam yang mengikuti ujian tertulis beberapa waktu lalu.

“Kita pertanyakan dasar penetapan peserta yang lulus ujian tulis. Karena pada daftar pengumuman tidak dapat dilihat hasil ujian tulis, hanya nomor peserta, nama dan keterangan lulus saja,” kata Nazar pada awak media di Langsa, Rabu, (22/11).

Menurutnya, sangat memungkinkan adanya indikasi permainan atau persekongkonglan dalam pengumuman ujian tulis calon panwascam. In dikasi itu diperkuat dengan tidak tertera nilai hasil ujian tulis dari masing-masing peserta.

Ia juga Ia menduga, dari 30 nama peserta calon Panwascam yang lulus ujian tulis disinyalir memiliki kedekatan dengan komisioner Panwaslu Kota Langsa.

“Panwaslu jangan tutupi hasilnya, harus dibuka ke publik nilai hasil ujian tulis. Supaya terang hasilnya siapa saja yang lulus sesuai peringkat penilaian,” bebernya.

Dikatakannya, Panwalu Langsa Jangan hanya berargumen soal nilai kewenangan Bawaslu Provinsi. Ini klise karena acap terjadi di sejumlah kab/kota di luar Aceh yang telah terlebih dahulu melakukan rekrutmen Panwascam untuk Pilkada serentak tahap II.

Baca Juga Timnas Unggulan yang Terancam Absen di Piala Dunia 2018

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Langsa M Khoiri, M. Pem. I, yang dihubunggi AtjehUpdate.com Jum’at, (24/11) melalui WhatsApp Masangger mengatakan, Proses rekrutmen Panwascam yang dilakukan oleh Panwaslu Kota Langsa sudah sesuai amanat un dang undang pasal 132 ayat 5 UU No 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum, Bahwa tata cara seleksi dan penetapan calon anggota Panwascam diatur dalam peraturan Bawaslu.

“Dalam aturan Bawaslu berkenaan dengan seleksi ujian tulis hanya diambil 6 peserta dari peringkat tertinggi 1 sampai dengan 6 besar. Dan dalam daftar nama yang dinyatakan lulus 6 besar tidak mengharuskan nilai tersebut di tuliskan, melainkan hanya menyebut Nomor peserta, nama peserta dan asal Kecamatannya saja,”ujarnya.

Dijelaskannya, Penjaringan calon Panwascam terrsebut mereka lakukan sesuai tahapan agar benar benar melahirkan calon anggota Panwascam yang memiliki kemampuan di bidang pemilu dan berintegritas tinggi, sehingga mereka akan menjadi pengawas yang baik pada setiap Kecamatan.

“Menurut saya, ini adalah bagian dari menjaga moralitas dan psikologis peserta tes tulis. Sehingga di dalam aturan tidak harus dicantumkan nilai hasil tes tulis tersebut. Jadi hal tersebut dilakukan bukan tanp a dasar hukum,” terangnya.

Baca Juga Arsenal Tumbang di Etihad

Ia juga mengatakan, terhadap 30 nama calon anggota Panwascan yang telah dinyatakan lulus, justru pihaknya melihat tampil wajah wajah baru dari putra putri terbaik Kota Langsa yang memiliki integritas yang siap bekerja profesional.

Terkait

Sumber: Google News | Warta 24 Banda Aceh

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »